Jumat, 03 Januari 2014

Elemen Mutimedia

1.Objek-objek Media Diskrit : elemen tunggal Icon : gambar semantik (seperti simbol STOP). Pemakai harus terlebih dahulu mempunyai pengetahuan mengenai icon. Grafik : menjadi tujuan. Citra : yang dihasilkan dari komputer, bisa berupa grafik 2D/3D tergantung sumbernya (seperti foto). Teks : ukuran, tipe huruf, warna. Media Kontinu : elemen tunggal yang disusun berdasarkan waktu Gambar bergerak (audio + video). 2.Layout Spasial Absolut Koordinat relatif dengan aslinya / umumnya (pojok kiri atas), ex : aplikasi Windows. Relasi berarah Menentukan susunan dalam ruang, ex : peta subway (petunjuk arah). Relasi topologi Posisi elemen terhadap elemen lain, ex : contains, inside of, equals, cover, overlap, disjoint, covered by. Alur teks Alur berdimensi satu, ditunjukkan dengan area berdimensi dua. 3.Dimensi Temporer Model temporer : Terbatas : mis. 6 detik. Tidak terbatas : mis. pemakai mengklik button. Relasi paralel dan sekuensial, mis. 2 video dimulai bersamaan atau 1 video dimulai setelah yang pertama selesai. Animasi Gabungan dimensi temporer dan layout spasial (posisi suatu objek berubah sesuai dengan waktunya). 4.Interaksi Pemakai Level Interaksi Pemakai : Pasif : hanya visualisasi. Reaktif : interaksi terbatas, ex : fs. Scroll panel. Proaktif : memilih jalur atau penyeleksian, ex : button. Reciprocal : berhubungan dengan informasi pembuatan pada pemakai. Model Interaksi : Navigasi : memilih jalur yang diinginkan. Perancangan : pemakai memodifikasi gaya visual dari presentasi, ex : warna, volume audio. Bioskop : pemakai dapat mengontrol waktu keseluruhan (pada VCR, ex : play, stop). 5.Logika Aplikasi Presentasi multimedia tradisional, tidak perlu logika : Kunjungan virtual ke museum, menu DVD. Sistem interaktif real-time : Dunia virtual reality, permainan. Logika aplikasi membutuhkan bahasa pemrograman (if case, goto ...) Bahasa terkompilasi : C, C++. Virtual machine : Java. World Wide Web, MPEG-4, Director : scripting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar