Jumat, 10 Januari 2014

Langkah Langkah Yang Perlu Diperhatikan E Business

E–Business (Electronic Business) merupakan interaksi eksternal organisasi dengan para pemasok, pelanggan, investor, kreditor pemerintah, dan media massa juga termasuk penggunaan teknologi informasi untuk mendesain kembali proses internalnya. Bab ini akan memberikan pemahaman dasar kepada para akuntan dan professional sistem mengenai peluang dan resiko. Dengan menguasai ini, para akuntan dan professional sistem akan lebih siap untuk secara aktif berpartisipasi dalam perencanaan, desain dan pengolahan langkah – langkah awal e – business organisasi. Berdasarkan beberapa definisi e-bisnis yang dikemukakan di atas, kita dapat menggabungkannya ke dalam suatu definisi e-business yang utuh dengan melihat kesamaan dari setiap definisi tersebut dan menggabungkannya. Kesamaan tersebut dapat kita lihat dari beberapa sudut pandang, yaitu pelaku e-business, alat atau media atau sumber daya yang digunakan, objek atau kegiatan yang menjadi sasaran, tujuannya, dan keuntungan yang diberikan. Hasilnya sebagai berikut: Pelaku E-Business -Organisasi, konsumen, perusahaan, supllier, pekerja, rekan bisnis Alat/Media/S umber Daya yang Digunakan - Teknologi informasi dan komunikasi - Komputer, data yang telah terkomputerisasi - internet Kegiatan Sasaran - Kegiatan bisnis - Proses bisnis utama - Pembelian, penjualan,pelayanan, transaksi - Operasi bisnis utama Tujuan - Koordinasi, Komunikasi, dan Pengelolaan organisasi - Transformasi proses bisnis - Sharing informasi Kita dapat ambil contoh : Harian Kompas yang juga memiliki e-bisnis Kompas Online. Kompas menjalankan proses bisnis utamanya berupa penyediaan berita dan distribusinya, tidak lagi hanya melalui media cetak saja tetapi juga melalui internet. Keutungan yang dapat diberikan Kompas online dapat diakses oleh seluruh penduduk di Indonesia (bahkan dunia), up to date, memangkas biaya kertas, dapat diakses 24 jam, dll Nah keuntungan yang kita dapat atau manfaat dari e business itu adalah : • Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global, sehingga perusahaan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok terbaik, dan menjalin relasi dengan mitra bisnis yang dinilai paling cocok. • Menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan mengakses informasi berbasis kertas (paperbased information). • Memungkinkan perusahaan untuk menerapkan mass customization terhadap produk dan jasanya. • Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan produk/jasa. • Meningkatkan produktivitas karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis. • Menekan biaya telekomunikasi. • Manfaat-manfaat lainnya, seperti citra yang lebih baik, layanan pelanggan yang lebih bagus, proses yang lebih sederhana, mitra bisnis yang baru, waktu siklus dan pengiriman yang lebih singkat, akses terhadap informasi yang lebih luas, biaya transportasi yang lebih murah, dan fleksibilitasyang lebih tinggi. • Pembeli atau customer dapat dengan mudah melihat barang yang di produksi perusahaan tersebut melalui internet, sehingga tidak repot harus ke tempat hanya untuk melihat barang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar